Uji Coba Simulasi PPDB SMA Kota Bandung 2016 (+ Survei Nilai UN SMP)

DISCLAIMER: Ini adalah sebuah eksperimen. Tidak ada jaminan bahwa eksperimen ini akan berhasil, terutama jika partisipasi rendah, walaupun ada usaha untuk mencapai keberhasilan. Oleh karena itulah ini disebut “uji coba simulasi” dan bukan “simulasi”.

Hari ini, 11 Juni 2016, adalah hari pengumuman nilai UN SMP ke setiap siswa di seluruh Indonesia. Sehabis UN, topik pembicaraan biasanya bergeser ke PPDB. Mengingat memprediksi passing grade PPDB Kota Bandung bukanlah hal mudah mengingat aturan yang terus berubah-ubah, kita coba cara lain. Kali ini, saya meminta dengan baik-baik agar lulusan-lulusan SMP di Kota Bandung (atau orangtua yang mewakilinya) agar mengisi survei berikut dengan menginputkan nilai UN per mata pelajaran serta rencana pilihan 1 dan 2 pada PPDB Kota Bandung 2016.

Jika cukup data masuk (>= 400), kita bisa merekap rata-rata, standar deviasi, dan sebaran nilai UN responden, dan andaikata sebaran NUN yang resmi sudah keluar, datanya bisa dibandingkan. Jika sangat banyak data masuk (>= 2550, mungkin turun atau naik. Ada ahli statistika? Kalau ada, saya mau tanya), mungkin kita bisa mengadakan simulasi PPDB SMA Kota Bandung 2016, dengan kuota yang disesuaikan dengan ukuran sampel yang ada. Jika data yang masuk kurang (< 400), uji coba ini akan dinyatakan gagal dan dihentikan. Saya tidak mau memaksakan untuk meneruskan uji coba ini jika data kurang mencukupi. Input data Anda menentukan kesuksesan uji coba ini, jadi mohon kesediaannya mengisi survei dengan jujur.

Berikut survei UN SMP Kota Bandung 2016, atau buka link berikut. Jika Anda butuh bantuan, lanjutkan membaca post ini terlebih dahulu.

Untuk mengetahui Anda berada di wilayah mana, cek pembagian wilayah PPDB SMA dan cek kelurahan Anda. Ada sejumlah kelurahan yang masuk di lebih dari satu wilayah, jadi centang semua wilayah yang sesuai.

Untuk mengetahui apakah Anda mendapat insentif di sekolah yang dituju, cek pembagian wilayah PPDB SMA dan cek apakah sekolah yang dituju berada pada wilayah yang sama dengan alamat tempat tinggal Anda. Jika ya, maka Anda mendapat insentif. Jika tidak, gunakan Google Maps untuk mengecek jarak dari rumah Anda ke sekolah. Gunakan measure distance, bukan directions, karena yang diukur bukan jarak tempuh melainkan jarak garis lurus. Jika jarak tersebut kurang dari 2 km, maka Anda mendapat insentif. Jika tidak, maka Anda tidak mendapat insentif. Saya tidak mau menghitungkan jarak tersebut untuk Anda, karena itu akan berarti Anda harus memberitahu saya di mana Anda tinggal.

Nilai UN diinputkan dengan skala maksimum 100 dan menggunakan tanda titik sebagai tempat desimal (contoh: 92.5).

Alih-alih meminta nama, saya meminta nomor UN. Nomor UN diisi 11 digit dengan tanda strip dihapus. Saya meminta nomor UN alih-alih nama dengan harapan kemunginan adanya duplikat nomor UN jauh lebih kecil ketimbang kemungkinan adanya duplikat nama.

Terimakasih atas kesediaan Anda mengisi survei UN SMP Kota Bandung 2016 dengan jujur. Semoga eksperimen/uji coba ini berhasil.

79 respons untuk ‘Uji Coba Simulasi PPDB SMA Kota Bandung 2016 (+ Survei Nilai UN SMP)

  1. yennys Juni 11, 2016 / 9:40 am

    ok, nanti akan saya input ya mas taufiq,.kebetulan saya sudah dapat hasil nem anak..Alhamdulillah cukup bagus, mudah2an bisa masuk sma 3 🙂

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 9:48 am

      Terimakasih telah berpartisipasi. Mudah2an dapat sekolah yang terbaik 🙂

      Suka

    • Siska Juni 11, 2016 / 2:35 pm

      Sampai jam segini. Sy blm dpt kabar , ada yg dapat nem 37, rata rata kabar di bawah 36. Kalau boleh tau, nem anak ibu yenny kisaran brp di atas atau di bawah 37 ? Buat gambaran sy aja bu. Nhn

      Suka

      • yennys Juni 11, 2016 / 4:40 pm

        Diatas bu, sedikit…

        Suka

        • Siska Juni 11, 2016 / 6:46 pm

          Trmksh bu yennys informasinya

          Suka

  2. Hana Juni 11, 2016 / 10:21 am

    Bagaimana saya mengetahui hasil prediksi setelah melakukan survei?

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 10:24 am

      Kalau survei ini berhasil (i.e. data cukup dan kualitasnya baik/tidak dirusak oleh input yang tidak semestinya), kelak akan ada postingan berikutnya. Kalau survei ini gagal (banyak input yang tidak mustinya atau data kurang), akan ada permohonan maaf dan pengumuman di blog ini bahwa survei gagal.

      Suka

  3. inaaria Juni 11, 2016 / 10:26 am

    Salaam, Pak mhn info utk besaran insentif yg diberikan kpd hasil UN anak, jika ia daftar ke SMA yg berada dlm radius <2km dari rumahnya…?
    Terima kasih

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 10:27 am

      Tidak ada tambahan nilai. Yang ada adalah kuota khusus yang tidak bisa direbut pendaftar dari luar wilayah, khusus untuk pendaftar dalam wilayah.

      Suka

      • inaaria Juni 13, 2016 / 1:46 pm

        Anak2 yg rumahnya radius maks 2 km dr sekolah tetap bersaing dengan anak2 yg berjarak lebih dari 2 km tp 1 wilayah pak…?
        Ataukah ada perlakuan khusus bagi yg jaraknya maks. 2 km ?

        Suka

        • Taufiq A. Utomo Juni 13, 2016 / 1:49 pm

          Tetap bersaing dengan yang lebih dari 2 km tapi sewilayah

          Suka

        • inaaria Juni 13, 2016 / 2:21 pm

          Nanya lagi pak….
          Contoh kasus :
          Fulan pilihan 1 : SMAN 8 (dlm wilayah)

          Lalu terjadi spt tahun kemarin..banyak limpahan besar2an dr SMAN lain (anak2 yg menjadikan SMAN 8 sbg pilihan ke 2).

          Apakah Fulan akan ikut berkompetisi lg dg anak2 limpahan tsb ? Terutama dg anak2 limpahan yg domisilinya 1 wilayah dg sman 8.

          Jika ya, berarti tidak ada benefit bagi Fulan walopun sdh memilih sma pilihan 1 nya dalam wilayah….?

          Suka

        • Taufiq A. Utomo Juni 13, 2016 / 2:33 pm

          Apakah Fulan akan ikut berkompetisi lg dg anak2 limpahan tsb ? Terutama dg anak2 limpahan yg domisilinya 1 wilayah dg sman 8.

          Ya.

          Pikirkan juga kasus kedua.

          Nama: Fulanah
          Pilihan 1: SMAN 3 (luar wilayah)
          Pilihan 2: SMAN 8 (dalam wilayah)

          Fulanah terlempar dari pilihan 1, dan harus bersaing di pilihan 2. Pertanyaannya, apakah Fulanah harus dipersaingkan di persaingan proteksi dalam wilayah terlebih dahulu, atau apakah langsung saja ke persaingan gabungan wilayah?

          Tahun lalu, jika Anda memperhatikan PPDB Kota Bandung 2015, para pembuat perwal memutuskan Fulanah sebaiknya langsung dipersaingkan di persaingan gabungan wilayah.

          Apa yang terjadi? Chaos. Terjadi protes dan keributan yang sampai masuk media nasional. Fulanah dan rekan-rekan senasibnya protes mengapa siswa yang memilih sekolah (pilihan 2) di dalam wilayah saat dipersaingkan ternyata diperlakukan layaknya pendaftar luar wilayah. Padahal saat itu memilih pilihan 2 di dalam wilayah bukan hanya pilihan melainkan juga kewajiban.

          Situasi saat itu saking panasnya, akhirnya aturan dirubah di tengah jalan untuk mengakomodir aspirasi tersebut. Sebagai evaluasi dari kejadian tersebut, tahun ini diputuskan orang-orang seperti Fulanah akan dipersaingkan dulu di persaingan proteksi dalam wilayah jika memilih pilihan 2 di dalam wilayah dan terlempar dari pilihan 1.

          Andaikata Fulan terlempar dari pilihan 1 dan memilih pilihan 2 di dalam wilayah juga (SMAN 11, 22), Fulan juga akan dipersaingkan di persaingan proteksi dalam wilayah terlebih dahulu.

          Suka

        • inaaria Juni 14, 2016 / 6:22 am

          Terima kasih atas penjelasannya Pak Taufik.
          Jazakallahu khoiron katsira.

          Jika sy boleh berpendapat, persaingan PPDB thn ini sepertinya lebih ketat….terutama bagi anak2 dg hasil UN kisaran 32 sd 35.

          Jd hrs betul2 pintar memilih sma di pilihan 1 dan 2 dgn benar bukan sekedar berdasarkan dan dg alasan sekolah tsb “favorit”.

          Krn thn ini di pilihan 1 DM anak ada kans hrs bersaing lg dgn anak2 DM yg terlempar dari pilihan 1 di sekolah lain.

          Suka

  4. Hana Juni 11, 2016 / 10:39 am

    Kalau untuk informasi nilai un rata-rata (bandung) apakah akan dipost?

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 10:42 am

      Rata-rata hasil survei rencananya dipost, tapi akan diberi catatan berapa responden yang ambil bagian.

      Kalau yang resmi sudah keluar, diusahakan akan muncul di blog ini.

      Suka

  5. Neng eka Juni 11, 2016 / 1:15 pm

    Pa saya sudah ikuti survey nya… Nanti hasil gambaran peluang nya bgmn ya pa ? Di email atau dishare?

    Suka

  6. tsugiri Juni 11, 2016 / 1:36 pm

    Kalau cek nilai un smp di mana ya mas ? Karena kalau nunggu dari sekolah, baru selasa diumumkan. Trims

    Suka

      • tsugiri Juni 11, 2016 / 1:55 pm

        Oh begitu, padahal dari Bandunh nih. Hehe tapi baru dapat surat kelulusan saja tanpai nilai.

        Suka

        • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 2:08 pm

          Minta surat keterangan yang ada nilainya atau gimana gitu? Soalnya kalau belum ada SHUN atau ijazah, setor NEM pake apa lagi?

          Suka

  7. Ali Juni 11, 2016 / 1:39 pm

    NEM 35,10 dari luar kota Bandung kemungkinan kebarhasilan ke SMAN 8 Badnung berapa ya?

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 1:54 pm

      Belum berani ngasih saran macem2, karena belum tahu 35,1 itu segede apa dibanding yang lain.

      Suka

      • Ali Juni 13, 2016 / 4:58 pm

        punya sebaran nilai UN di kota bandung g?k,kalo ada mungkin bisa dibandingkan

        Suka

  8. RIAN Juni 11, 2016 / 1:40 pm

    kok sampai siang ini nem yg dikirim via pos belum sampai ke rumah,apakah tertunda sampai senin,jadi tambah deg deg serrr ,ada yg seperti saya tidak nemnya belum sampai juga

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 1:44 pm

      Pak Pos juga lagi kesana kemari membawa surat dan alamat. Kebayang kalau ada yang alamatnya ga diupdate atau dulu malsuin KK, kasian tukang posnya.

      Suka

  9. RIAN Juni 11, 2016 / 1:46 pm

    baru aja sampai ke rumah nem 35,7 sekolah swasta di kota bandung tapi kk ktp ortu jakarta,termasuk luar wilayah,ada saran dari pak Taufiq utk mendaftar di sma negeri mana dibandung yg bisa terjangkau dgn nilai saya,terimakasih pak Taufiq utk sudi menjawab pertanyaan saya

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 1:53 pm

      Belum berani ngasih saran macem2, karena belum tahu 35,7 itu segede apa dibanding yang lain.

      Suka

  10. RIAN Juni 11, 2016 / 1:55 pm

    terimakasih pak,nanti saya ikut survey di sini ya

    Suka

  11. Ratih Purnama Juni 11, 2016 / 2:09 pm

    Pak kalo nem anak saya 36.9 trus kk sumur bandung, utk jalur wilayah lolos ngak ke sma 3 bandung?

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 2:17 pm

      Belum bisa memastikan, karena kita belum tahu 36,9 itu sebesar apa dibanding yang lain.

      Suka

  12. Uggie Juni 11, 2016 / 2:28 pm

    Hari ini pengumuman UN SMP, klo utk SD kpn ya pengumuman nya…

    Suka

  13. unggulpratama71 Juni 11, 2016 / 2:41 pm

    kalau yang dpt insentif itu hanya didasarkan KK/KTP ortu saja, apakah asal sekolah dpt insetif jg jika daftar ke sekolah yang serayon dgn asal sekolah, misal lulus dr SMP 5 dan daftar ke SMAN 3 tp alamat ortu di buah batu, gmn?

    Suka

  14. RIAN Juni 11, 2016 / 3:11 pm

    saya sudah mendaftar ikut survey tapi koq nomer UN saya hanya 9 digit saja(011300632) sedangkan bapak mengharuskan 11 digit

    Suka

  15. yudiwbs Juni 11, 2016 / 4:20 pm

    Sudah mengisi. Kalau di SMPN1 Bdg, ada 4-5 murid yang mendapat nilai 38.

    Suka

  16. muhartini Juni 11, 2016 / 4:57 pm

    saya sudah entry data survey karena penasaran. nilai UN 30,4 dari luar kota, aman nga ke sman 9 bandung ya

    Suka

    • dedi supriadi Juni 12, 2016 / 10:26 am

      Jíka pendaftar yg nilainya dibawah nilai tsb masih dalam batas quota maka akan diterima

      Suka

  17. ryan Juni 11, 2016 / 7:16 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb
    berikut saya Informasikan Sebaran Nilai UN di SMPN 5 Bandung

    38 = 7 Orang
    37 – 37.95 = 33 Orang
    36 – 36.95 = 33 Orang
    35 – 35.95 = 53 Orang
    34 – 34.95 = 47 Orang
    33 – 33.95 = 37 Orang
    32 – 32.95 = 35 Orang
    31 – 31.95 = 25 Orang
    30 – 30.95 = 19 Orang
    29 – 29.95 = 8 Orang
    28 – 28.95 = 11 Orang
    27 – 27.95 = 5 Orang
    26 – 26.95 = 5 Orang
    25 – 25.95 = 4 Orang
    23 – 23.95 = 1 Orang
    21 – 21.95 = 1 Orang
    20 – 20.95 = 1 Orang
    18 – 18.95 = 1 Orang

    TOT.SISWA = 326 Orang

    Disukai oleh 1 orang

    • Taufiq A. Utomo Juni 11, 2016 / 8:31 pm

      Agak kasian sama yang 18 koma itu, entah apa yang terjadi padanya saya tidak tahu.

      Suka

    • dedi supriadi Juni 12, 2016 / 10:19 am

      Kalo smpn yg lainnya ada info ?

      Suka

    • dedi supriadi Juni 12, 2016 / 2:50 pm

      Nilainya murni ? Kok ada yg dibawah 20 juga di smpn 5

      Suka

  18. Ridho Apriansyah Juni 12, 2016 / 1:24 pm

    Mas Taufiq, kalau yang berdomisili di Luar Kota Bandung namun bersekolah di Kota Bandung. Ketika pendaftaran, masuknya ke Kuota DW atau GW atau bahkan LK mas?

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 12, 2016 / 1:31 pm

      GW, kecuali kalau sekolah yang dipilih ada dalam radius 2 km maka DW lalu GW kalau terlempar dari DW.

      Suka

      • Ridho Apriansyah Juni 12, 2016 / 1:44 pm

        Saya ganti kata panggilannya ke bapak saja :v Kalau untuk jarak garis lurus dari rumah ke sekolah tujuan, bagaimana menghitungnya pak? Karena saya masih bingung untuk dapat insentifnya itu pak, apakah dihitung radius 2km atau masuk Wilayah Sekolah Tujuan itu pak?

        Suka

        • Taufiq A. Utomo Juni 12, 2016 / 1:53 pm

          Menghitung jaraknya bisa pakai Google Maps. Kalau tidak sewilayah sekaligus di luar radius 2 km, tidak dapat insentif. Selebihnya, dapat insentif.

          Suka

    • dedi supriadi Juni 12, 2016 / 1:35 pm

      Masuknya ke GW

      Suka

  19. dedi supriadi Juni 12, 2016 / 2:22 pm

    Brp jumlah pendaftar 2016 untuk SMAN dan quotanya

    Suka

  20. Ridho Apriansyah Juni 12, 2016 / 2:27 pm

    Satu pertanyaan lagi Pak Taufiq. Kalau yang berdomisili di Kab.BDG. Pada saat pendaftaran dia mendaftar 2 pilihan di Kota BDG. Namun, bila yang terjadi di 2 pilihan tersebut dia tidak diterima, lalu dia mengambil langkah untuk mendaftar di salah satu SMAN di Kab.BDG. bagaimana itu pak?

    Suka

  21. agus Juni 12, 2016 / 8:37 pm

    Ass mas.nem 30.60 pil 1 sma 4, pil 2 dlm wil sma 9 aman ngak mas?

    Suka

  22. Fadhil Juni 13, 2016 / 7:58 pm

    nem 257,0
    kalau ane taruh di SMAN 25 Bandung sama SMAN 21 Bandung
    dua duanya bakal aman tidak pak?
    *note: jarak SMAN 25 bandung ke rumah ane cuma 1,5km
    dan ane di luar kota… ya cuma di bataskan dalam toll… apakah itu masuk juga dalam wilayah? dan apa ane masuk insentif juga?

    Suka

  23. Desi Juni 13, 2016 / 8:03 pm

    Pa maaf mau tanya adik sy smp d kabupaten bandung, rmh kami pun lokasi di kabupaten bandung. Tapi adik saya ingin ke sman kota bandung. Kalo pilihan 1 sman 10 kota bandung dan pilihan 2 sman 1 cileunyi gmn pa? Bisa ga daftarnya begitu? 1 kotamadya, 1 lg kabupaten, karena pilihan 2 masih radius 2 km dr rmh pa… terimakasih banyak sebelumnya…

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 13, 2016 / 9:07 pm

      Masalahnya, SMAN 1 Cileunyi sudah bukan Kota Bandung. Itu sudah Kabupaten Bandung, yang PPDB-nya lain lagi. Aturan PPDB-nya lain lagi. Jadwalnya pun mungkin lain lagi. Secara teori tidak ada yang melarang daftar PPDB di dua tempat berbeda, namun pada praktiknya agak merepotkan. Jadwalnya harus tidak berimpit (supaya salah satu bisa jadi Plan B), harus paham aturan PPDB di dua tempat berbeda, syarat pendaftaran harus punya dua set (dan belum tentu sama pula), dll.

      Suka

  24. ryan Juni 13, 2016 / 9:42 pm

    mas Taufiq, ditunggu sebaran nilai UN SMP kota bandung 2016

    Suka

  25. abu fahmi Juni 14, 2016 / 10:12 am

    kalau info penurunan nilai seperti kata pak menteri anis di republika, apakah kota bandung juga mengalami penurunan nilai pak taufiq?? sampai brp point?? saya juga nunggu sebaran nilai pak hatur nuhun

    Suka

  26. inaaria Juni 15, 2016 / 2:23 pm

    Pak Taufik, apakah sdh terpenuhi jumlah data yg diperlukan untuk surveynya…? Tks

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 15, 2016 / 2:27 pm

      Sekarang masih 366. 2550 kayaknya memang tidak realistis. 400 nampaknya akan kesampaian.

      Hasil masih mungkin dipublikasikan walaupun data tidak sampai 2550, tapi akan ada banyak catatan.

      Suka

      • Yogi Juni 17, 2016 / 7:53 am

        Mas Taufiq saya punya foto sebaran nilai UN 2016. Barangkali masih diperlukan saya harus kirim email kemana? Trims

        Suka

  27. dea Juni 15, 2016 / 3:07 pm

    Pa, saya mau tanya, apa yang pindah kk nanti selagi daftar, di tanya tanggal pindahnya atau tidak?

    Suka

    • Ridho Apriansyah Juni 15, 2016 / 3:46 pm

      Maaf bu/teh. Yang saya tahu. KK yang digunakan pada pendaftaran nanti haruslah berlaku 1 tahun jika ingin mendapatkan Insentif.

      Suka

      • Ridho Apriansyah Juni 15, 2016 / 3:47 pm

        *berlaku minimal 1 tahun

        Suka

  28. Ridho Apriansyah Juni 17, 2016 / 9:54 pm

    Pak, sampai hari ini sudah berapa sampel yang masuk? Kira kira kapan bapak bisa merilis hasil nya? Kami begitu penasaran:’v

    Suka

    • Taufiq A. Utomo Juni 18, 2016 / 8:02 am

      Saat ini sudah 441 yang masuk. Program komputernya lagi dibikin.

      Suka

  29. akram Juni 18, 2016 / 12:21 am

    Mas …mau tanya untuk NEM 334
    Pilihan 1 : SMA 5 ( Luar Rayon )
    Pilihan 2 : SMA 12 ( Dalam Rayon )
    Kemungkinannya gimana dengan mempertimbangkan sebaran nilai UN 2016 dan quota SMA tsb

    Suka

  30. Rinny Juni 18, 2016 / 7:29 pm

    Pa Taufiq mau tanya kalo kuota afirmasi tidak terisi semua, kuota siaa pasti dilempar ke kuota akademik ya, tapi akademk yg mana? dalam wilayah atau luar wilayah Pak ? Terimaksh atas jawabannya.

    Suka

  31. Rinny Juni 18, 2016 / 7:30 pm

    kuota sisa maksudnya Pak

    Suka

  32. Prihandoko Juni 21, 2016 / 5:21 pm

    Tanya Mas Taufiq, kalau rumah saya di kecamatan CICENDO, kelurahan SUKARAJA, itu pilihan SMA dalam wilayahnya SMA mana saja ?
    Soalnya data wilayah di Perwal dan PPDB berbeda, mana yang benar ?

    Atas jawabannya kami ucapkan Terimakasih Banyak.

    Suka

      • Prihandoko Juni 22, 2016 / 8:44 am

        Ok……. Terimakasih banyak atas infonya.

        Suka

Berikan tanggapan